hardiknas
    Peringkat 4 Lomba Blog Hardiknas 2011

Jumat, 22 April 2011

Tingkat pendidikan di Indonesia dimasa kolonialisme Belanda


1.   1. Pendidikan rendah setingkat Sekolah Dasar
1.1   Sekolah berbahasa Belanda :
Gedung ELS (Sumber : virtueelindie.nl)
1.1.1          Europesche Lagere School (ELS) – Sekolah rendah yang didirikan tahun 1817 ini diperuntukkan bagi keturunan Eropa, Timur asing dan tokoh terkemuka dari pribumi dengan masa belajar selama 7 tahun.
1.1.2          Eerste Klasse School – Sekolah yang didirikan pertama kali tahun 1908 ini disebut juga “Sekolah Kelas Satu” yaitu sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak bangsawan keturunan pribumi dengan masa belajar selama 7 tahun.
1.2   Sekolah berbahasa daerah :
1.2.1          Twede Klasse School – Sekolah ini diperuntukkan bagi anak-anak pribumi. Sekolah yang disebut juga “Sekolah Kelas Dua” ini didirikan pertama kali tahun 1892 dengan masa belajar selama 5 tahun.
1.2.2          Volksschool – Sekolah desa bermasa belajar selama 3 tahun ini didirikan tahun 1907.
1.2.3          Vervolgschool – Sekolah ini merupakan “sambungan” dari sekolah desa (Twede Klasse School) dengan masa belajar selama 2 tahun. Sekolah ini didirikan tahun 1914.
1.2.4          Schakelschool – Sekolah ini merupakan “jalan peralihan” dari sekolah desa yang berbahasa daerah ke sekolah dasar berbahasa Belanda dengan masa belajar selama 5 tahun. Lulusan sekolah ini dapat langsung melanjutkan jenjang pendidikannya ke MULO.
MULO (Sumber : id.wikipedia.org)
2.       2. Pendidikan menengah setingkat SMP/SMA
2.1   Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) – Sekolah ini merupakan lanjutan dari sekolah rendah berbahasa Belanda yang didirikan tahun 1914.
2.2   Algemeene Middlebare School (AMS) – Sekolah ini setaraf dengan SMU yang merupakan kelajutan dari MULO yang didirikan tahun 1915.
2.3   Hoogere Burger School (HBS) – Sekolah yang bila namanya diartikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Sekolah Tinggi Warga Masyarakat ini merupakan kelajutan dari ELS dengan lama belajar selama 3 tahun. HBS pertama kali didirikan tahun 1860.
2.4   Opleiding School voor Indische Ambtenaren (OSVIA) – Nama sekolah ini di dalam Bahasa Indonesia berarti Sekolah Pendidikan Pegawai Pribumi. Sekolah ini berdiri tahun 1900 dengan masa belajar selama 1900.
Gedung STOVIA  (Sumber : piusgarin.blogspot.com)
2.5   School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) – STOVIA merupakan sekolah pribumi jurusan kedokteran pertama yang didirikan di Jakarta tahun 1902 dengan masa belajar selama 7 tahun.
3.       3. Pendidikan tinggi
3.1   Geneeskundige Hooge School (GHS) – Pendidikan tinggi jurusan kedokteran ini didirikan tahun 1927 di Jakarta dengan masa belajar selama 6 tahun.
3.2   Rechtskundige Hooge School (RHS) – Pendidikan tinggi jurusan hukum ini didirikan tahun 1924 dengan masa belajar selama 5 tahun.
3.3   Technische Hooge School (THS) – Pendidikan tinggi teknik ini pertama kali didirikan di Banding tahun 1920. Pendidikan tinggi peninggalan Belanda ini sekarang bernama Insitut Teknologi Bandung (ITB)

Sumber :  Kurnia, Anwar. 2004. Kronik Sejarah. Bogor: Yudhistira. | id.wikipedia.org | www.kompas.com

Artikel terkait :